YUNA FINAL FANTASY X


Yuna

The people and the friends that we have lost, or the dreams that have faded…never forget them.”
Name : Yuna
Romaji : Y?na
Voice Actor : Mayuko Aoki (Japan) ; Hedy Burress (U.S.)
Age : 17
Height : 5 ’3” (161 cm)
Eye Color : Blue (Left) & Green (Right)
Hair Color : Brown
Laterality : Right-Handed
Home : Besaid Island
Weapon : Rod
Overdrive : Grand Summon
Sphere Grid : White

Yuna merupakan anak dari High Summoner Braska dengan seorang wanita Al Bhed yang merupakan adik dari Cid, pemimpin fraksi Al Bhed sekaligus ayah dari Rikku. Hal ini menjadikannya sebagai sepupu dari Rikku, serta membuatnya mengidap Heterochromia, yaitu kelainan warna bola mata dimana warna mata yang satu berbeda dengan warna yang lain. Warna hijau di mata kanannya mirip dengan warna mata hijau yang menjadi karakteristik suku Al Bhed.
Yuna memutuskan untuk mengikuti jejak ayahnya dengan mengadakan perjalanan untuk menjadi seorang Summoner sejati dan mengalahkan Sin. Sebelum memulai perjalanannya, ia bertemu dengan Tidus yang kemudian ikut menjadi Guardian dan juga telah mengubah total pandangan hidupnya yang selalu mengorbankan kepentingan diri sendiri demi orang lain.

Personality

Yuna digambarkan sebagai wanita anggun yang sopan dan kalem, serta selalu menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan dirinya sendiri. Ia bersedia untuk mengorbankan kepentingannya sendiri apabila hal tersebut dapat membantu untuk menghapus atau meringankan beban orang lain.
Yuna sangat percaya akan ajaran Yevon, dan ia percaya bahwa ia bertugas untuk memikul tanggung jawab dengan mengalahkan Sin meskipun mengetahui resikonya. Akibatnya, Yuna selalu menyembunyikan rasa takut dan depresi yang ia alami dari orang-orang di sekitarnya.
Pertemuannya dengan Tidus telah membuatnya mulai mempertanyakan ajaran Yevon, dan mengubah cara pikirnya menjadi lebih terbuka sehingga akhirnya menolak untuk melakukan Final Summoning dan berjuang untuk mengalahkan Sin dengan cara lain.
Ia juga mulai menyadari perasaannya pada Tidus, bahwa ia mencintainya dan tidak ingin kehilangannya. Puncak dari perasaan Yuna terlihat pada adegan romantis legendaris Tidus dan Yuna yang terjadi di Macalania Lake, di mana Tidus mencium Yuna diiringi lagu Suteki da ne.

In Battle

Yuna merupakan karakter yang memiliki campuran job Summoner dengan White Mage, karena ia merupakan satu-satunya karakter yang dapat memanggil Aeon untuk bertarung serta dapat mempelajari sebagian besar White Magic. Ia memiliki status Strength dan Defense yang rendah, namun Magic, Magic Defense, dan Evasion miliknya termasuk tinggi.

Abilities

Secara umum, Unique Abilities dari Yuna berpusat pada White Magic Recovery dan Enhancement. Holy merupakan satu-satunnya White Magic yang dapat digunakan untuk menyerang musuh. Daftar Unique Abilities milik Yuna :

Pray Cure
Cura Curaga
NulBlaze NulTide
NulFroze NulShock
Protect Shell
Esuna Dispel
Reflect Regen
Life Full-Life
Holy

Overdrive

Yuna memiliki Overdrive yang disebut sebagai Grand Summon, yaitu memanggil Aeon yang telah Yuna miliki dengan Overdrive Gauge yang langsung penuh. Akibatnya, Aeon tersebut dapat langsung menggunakan Overdrive Skill-nya ketika dipanggil.
Jika Aeon yang dipanggil tersebut sudah menggunakan Overdrive, maka Overdrive Gauge miliknya akan kembali ke kondisi sebelum ia dipanggil dengan Grand Summon. Artinya, apabila sebelum dipanggil ia sudah memiliki Gauge yang penuh, Aeon tersebut dapat melakukan dua kali Overdrive.

Equipments

Yuna menggunakan Rods sebagai senjata utamanya, sedangkan Rings digunakan sebagai pertahanan. Celestial Weapon milik Yuna bernama Nirvana.
Fungsi penuh dari Nirvana baru didapatkan apabila player sudah meng-upgrade-nya dengan menggunakan Moon Crest dan Moon Sigil. Keempat slot weapon ini akan berisi ability sebagai berikut : Break Damage Limit, Triple Overdrive, Double AP, dan One MP Cost. Damage yang diberikan Nirvana akan semakin besar apabila MP Yuna semakin mendekati nilai MP maksimumnya.

It would be so easy…to let my fate just carry me away…following this same path my whole life through. But I know…I can’t. What I do, I do…with no regrets.”
—Yuna

Theme Song

Yuna memiliki Theme Song yang tidak bernama (hanya disebut sebagai Yuna’s Theme), serta merupakan modifikasi dari Theme Song FF X , yaitu Suteki da ne.
Lagu ini menggambarkan kisah romantisnya dengan Tidus di Final Fantasy X.

Trivia

  • Nama Yuna dalam bahasa Okinawa berarti “Bulan”, berlawanan dengan Tidus yang berarti “Matahari”. Kedua Item yang digunakan untuk meng-upgrade Celestial Weapon milik Yuna, Nirvana, memiliki nama Moon Crest dan Moon Sigil.
  • Yuna juga memperoleh pelatihan Summoner dari Belgemine sepanjang perjalanannya.
  • Pada awalnya, Seymour Guado akan dimunculkan sebagai antagonis dari Final Fantasy X di dalam game Dissidia Final Fantasy, sehingga seharusnya Yuna yang muncul sebagai protagonis. Pada akhirnya, Square-Enix memutuskan untuk menggunakan Tidus – Jecht.
  • Yuna tampil dalam suatu film pendek yang berjudul Dead Fantasy yang dibuat oleh fans FF dan Dead or Alive. Dalam Dead Fantasy I dan II, Yuna tampil menggunakan Gunner Dressphere, sedangkan dalam Dead Fantasy IV ia sempat tampil dengan Summoner Outfit sebelum kembali menggunakan Gunner Dressphere.
  • Tidus dan Yuna memenangkan tempat pertama sebagai “Best Couple of the Year
    versi Game Informer Magazine edisi Februari 2009.

SELANJUT NYA liat FINAL FANTASY X-2

    DARI : http://ffcrystalesia.com/charactersffx/yuna

    Leave a comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.